November 14, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Ekonomi Yunani akan semakin berbahaya kalo keluar dari Zona Euro

Bank Nasional Yunani selaku bank komersial tertua dan terbesar di Yunani kemarin (29/5) mengatakan, pendapatan perkapita warga Yunani akan berkurang 55 persen dan skala resesi ekonomi akan melebihi 22 persen kalau Yunani mundur dari Zona Euro.

Begitu Yunani keluar dari Zona Euro dan menggunakan mata uang sendiri, harga produk impor diperkirakan akan menanjak dan tingkat inflasi akan mencapai 30 persen. Mata uang Yunani akan mengalami devaluasi 65 persen dalam waktu singkat dan tingkat pengangguran Yunani diperkirakan akan mencapai 34 persen.

Sejak meletusnya krisis utang, Yunani mengambil serangkaian langkah penghematan dan reformasi demi memperoleh kredit talangan dari negara-negara Euro. Namun publik Yunani semakin antipati terhadap langkah penghematan. Pada 6 Mei lalu, Yunani menggelar pemilu parlemen pertama sejak krisis, tetapi sejumlah perundingan pembentukan kabinet selalu gagal. Yunani berencana mengadakan pemilu parlemen sekali lagi pada 17 Juni untuk memecahkan kebuntuan politik dan menciptakan kondisi politik bagi penyelesaian krisis utang.(CRI)

Related posts