November 14, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Indonesia Pererat kerjasama dengan Tiongkok

Duta Besar Indonesia untuk Tiongkok Imron Cotan mengatakan Tiongkok bukan saja mitra strategis ASEAN, tetapi juga mitra yang dapat dipercaya dan diandalkan. Cotan Selasa lalu memberi pidato di Beijing Foreign Studies University atas undangan Pusat Tiongkok ASEAN.

“Kami melihat bahwa Tiongkok bukan saja adalah mitra strategis ASEAN, tapi juga mitra yang dapat dipercaya. Untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi, kita harus meningkatkan kerja sama. Kami melihat Tiongkok juga selalu memainkan peranan penting. Boleh dikatakan, Indonesia dapat keluar dari krisis moneter pada tahun 1998 karena mempunyai dukungan kuat dari ASEAN plus 1 dan ASEAN plus tiga. Dengan mekanisme ini, negara-negara ASEAN mendapat dukungan dari Tiongkok, Jepang dan Korea Selatan menurut Prakarsai Chiang Mai.”

Seusai pidato, Cotan menerima wawancara khusus CRI. Ia menyatakan harapannya untuk meningkatkan kerja sama dengan Tiongkok di bidang moneter.

“Tiongkok mempunyai potensi besar di bidang ekonomi dan moneter, saya berharap pemerintah dan perusahaan Tiongkok dapat meningkatkan investasi di Indonesia. Dengan demikian nilai investasi dan perdagangan bilateral negara-negara ASEAN termasuk Indonesia bisa ditingkatkan.”

Menanggapi peranan Indonesia dalam hubungan antara Tiongkok dan ASEAN, Cotan mengatakan:

“Indonesia adalah negara ekonomi terbesar di ASEAN. Jika Indonesia bisa terus meningkatkan dan memperdalam hubungan dengan Tiongkok, Indonesia akan terus memainkan peranan yang positif dalam mendorong hubungan Tiongkok-ASEAN.(CRI)”

Related posts