November 14, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Pertemuan puncak ekonomi dunia diadakan di Thailand

Pertemuan Puncak Asia Timur Forum Ekonomi Dunia (WEF/World Economic Forum) akan diadakan di Bangkok Thailand, 30 Mei – 1 Juni. Sekitar 600 peserta dari 50 negara dan daerah seluruh dunia akan membahas berbagai masalah ekonomi, politik, dan keuangan kawasan Asia Timur dan Asia Tenggara, berkisar pada topik “Ciptakan Masa Depan Kawasan dengan Konektivitas”. Pihak penyelenggara kemarin (28/5) mengadakan jumpa pers untuk memperkenalkan topik dan agenda utama pertemuan ini.

Wakil PM merangkap Menteri Keuangan Thailand Kittiratt Na-Ranong dalam jumpa pers kemarin menyatakan, pertemuan puncak WEF untuk pertama kali diselenggarakan di Thailand dan ini mempunyai arti penting bagi ekonomi dan politik Thailand bahkan seluruh kawasan Asia Tenggara, dan pemerintah Thailand telah mengadakan persiapan sepenuhnya bagi pertemuan ini.

“Menyelenggarakan Pertemuan Puncak Forum Ekonomi Dunia tidak saja akan menunjukkan prestasi ekonomi dan politik Thailand, tetapi juga akan menampilkan prestasi kerja sama ekonomi berbagai jenjang antar-negara serta antara negara dan dunia.”

CEO WEF yang juga menangani urusan Asia, Sushant Palakurthi Rao menyatakan, pertemuan puncak ini adalah peluang baik bagi pemimpin kawasan Asia Timur dan kawasan lainnya karena negara-negara ASEAN adalah pilar politik dan ekonomi yang penting bagi ekonomi global. Thailand mempunyai geopolitik yang penting, dan ini adalah sebabnya WEF memilih Thailand sebagai tuan rumah Pertemuan Puncak Asia Timur kali ini.

“Thailand dipilih sebagai tuan rumah Pertemuan Asia Timur WEF tahun ini karena Thailand adalah pusat kawasan tersebut dalam jangka panjang. Thailand dikelilingi negara-negara yang pesat perkembangan ekonominya, antara lain Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam. Posisi strategis Thailand juga sangat penting karena berada antara Tiongkok dan India. Ini juga sesuai dengan topik “Ciptakan Masa Depan Kawasan Melalui Konektivitas” di Thailand.

Dalam pertemuan puncak ini akan digelar 25 forum dan pemandangan terbuka yang mencakup masalah-masalah ekonomi, politik, keuangan, pelestarian lingkungan, pariwisata, demografi, dan perempuan. Pertemuan ini dihadiri banyak tokoh dan pakar terkemuka antara lain Ketua WEF Klaus Schwab dan pemenang Nobel bidang ekonomi Joseph Stiglitz.(CRI)

Related posts