Agustus 20, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Pertumbuhan Ekonomi Indoensia pada kuartal I 2012 sebesar 6,3%

Ekonomi Indonesia terus menunjukkan gejala pertumbuhan yang memuaskan ketika ekonomi dunia justru terjerumus dalam kancah resesi. Menurut statistik resmi pemerintah, pada triwulan pertama 2012 ekonomi Indonesia tumbuh sebesar 6,3 persen, investasi asing langsung sebesar US$ 5,6 miliar, yang 30,3 persen lebih tinggi dibanding pada 2011, dan mengukir rekor tertinggi. Bursa sekuritas Indonesia juga telah mencetak prestasi mengagumkan. Dari awal 2009 hingga 1 Mei 2012, indeks gabungan bursa efek Jakarta menempati urutan kelima yang terbaik kinerjanya di dunia. Tingkat pertumbuhannya sebesar 232 persen.

Meningkatnya ekonomi Indonesia dengan laju pertumbuhan yang pesat di tengah bayangan krisis moneter global adalah karena bertambahnya jumlah masyarakat kelas menengah.

Menurut statistik Bank Dunia, jumlah kelas menengah Indonesia pada 2011 adalah 130 juta orang, berarti Indonesia adalah salah satu negara dengan laju pertumbuhan kelas menengah paling cepat di antara kekuatan baru ekonomi dunia. Masyarakat kelas menengah yang tumbuh pesat itu membutuhkan komoditas dan layanan berkualitas. Mereka membutuhkan pendidikan, layanan medis, bahan makanan, serta mobil dan layanan hiburan yang bermutu lebih tinggi, sehingga ikut mendorong perkembangan pasar konsumsi domestik. Sepanjang tahun 2011, belanja konsumsi domestik Indonesia adalah 55 persen produk domestik bruto (PDB). Konsumsi dari masyarakat kelas menengah dipercaya menjadi kekuatan utama yang mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Dengan 240 juta jiwa penduduk, Indonesia adalah negara berpenduduk terbesar keempat dunia. Sekitar 50 persen di antaranya adalah penduduk yang berusia di bawah 29 tahun. Keadaan demografi penduduk yang muda itu telah menjadi daya penggerak bagi perkembangan ekonomi yang berkelanjutan. Generasi muda saat ini adalah kekuatan utama dalam konsumsi produk teknologi tinggi. Konsumsi smart phone adalah salah satu contohnya. Laba bersih Telkom pada triwulan pertama 2012 adalah US$ 5 miliar, meningkat 19,6 persen dibanding pada 2011. Masyarakat kelas menengah yang berusia muda adalah kekuatan utama yang mendukung pertumbuhan laba itu. Saat ini Indonesia adalah pasar terbesar bagi perusahaan RIM selaku produsen Blackberry.

Kelas menengah juga adalah kekuatan utama di pasar konsumsi mobil. Sepanjang 2011, Indonesia total menjual 890 ribu unit mobil, terbesar dibanding negara-negara anggota ASEAN lainnya. Jumlah penjualan mobil di Indonesia pada 2016 diproyeksikan mencapai 1,2 juta unit. Potensi besar pasar mobil Indonesia didukung perkembangan ekonomi yang stabil dan pertumbuhan kelas menengah yang pesat. Industri otomotif Indonesia pada masa mendatang memiliki potensi sangat besar. Saat ini berbagai produsen otomotif di dunia meningkatkan investasi di pasar Indonesia. Misalnya Nissan berencana menanam modal sebanyak US$ 400 juta dan menargetkan produksi 250 ribu unit pada 2014, dari hanya 100 ribu unit saat ini. Honda direncanakan berinvestasi US$ 340 juta untuk membangun basis produksi baru di Indonesia, dengan target meningkatkan produksi mobil tiga kali lipat. Selain itu, Toyota, GM, dan Geely dari Tiongkok juga akan meningkatkan produksi mobil untuk pasar Indonesia.

Bank Pembangunan Asia (ADB) melaporkan, pertumbuhan kelas menengah Indonesia juga membutuhkan lebih banyak hak bersuara, hak berpartisipasi, dan ruang gerak. Perkembangan Indonesia pada masa mendatang diyakini akan mencerminkan keinginan kelas menengah pada derajat yang cukup tinggi.

Related posts