Agustus 20, 2018

Select your Top Menu from wp menus

OECD : Ekonomi Dunia 2 tahun mendatang akan tetap Lesu

Ekonomi dunia dalam dua tahun mendatang diramal tetap lesu. Menurut laporan prospek ekonomi global yang dipublikasikan oleh Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan / The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) mengatakan bahwa zona Euro akan terperosok dalam kelesuan setelah mengalami krisis ekonomi selama lima tahun, sehingga pertumbuhan ekonomi dunia ikut lesu, pemulihan ekonomi tidak seimbang, dan ada risiko melambannya pertumbuhan. OECD mengatakan, kemungkinan ini tidak dapat dikesampingkan, walaupun prospek dalam jangka panjang masih ada harapan.

Pertumbuhan ekonomi keseluruhan negara anggota OECD pada tahun 2013 diperkirakan hampir sama dengan tahun 2012, yakni sekitar 1,4 persen. Angka ini akan naik menjadi 2,3 persen pada tahun 2014. Tahun ini dan tahun depan zona Euro akan terperosok dalam resesi. Ekonomi AS bertumbuh tetapi lebih rendah daripada prediksi awal tahun ini, dan menghadapi tantangan finansial. Negara berkembang bertumbuh lamban karena dipengaruhi perlambatan ekonomi Eropa. Perdagangan dunia terhambat, sehingga ekonomi dunia menghadapi tantangan serius.

OECD memperkirakan bahwa ekonomi negara-negara berkembang akan bertumbuh terus dalam dua tahun mendatang. Pertumbuhan ekonomi Tiongkok tahun 2012 akan mencapai 7,5 persen, angka ini meningkat menjadi 8,5 persen pada tahun 2013, dan 8,9 persen pada tahun 2014. Ekonomi Tiongkok tetap menghadapi unsur negatif dari luar, namun pengeluaran pasar properti dan infrakstruktur mungkin mendorong pertumbuhan. Kebutuhan domestik Tiongkok diramal juga akan meningkat.

Related posts