April 16, 2021

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Indeks keyakinan Zona Euro meningkat

Indeks sensitivitas ekonomi di Zona Euro untuk bulan Desember naik 1,3 poin menjadi 87 poin. Indeks yang merefleksikan keyakinan ekonomi ini telah mengalami kenaikan selama dua bulan berturut-turut. Sedangkan indeks sensitivitas ekonomi untuk keseleruhan Uni Eropa naik 0,3 poin menjadi 88,4 poin. Di antara ekonomi utama di Zona Euro, kenaikan dialami Jerman, Perancis, Italia, dan Spanyol. Namun, indeks keyakinan di Inggris justru anjlok 3,5 poin. Sementara itu, indeks keyakinan konsumen di Zona Euro dan Uni Eropa belum mengalami perbaikan signifikan dibandingkan sebulan sebelumnya, dan ini menunjukkan bahwa konsumen lebih pesimis terhadap ekonomi dan situasi lapangan kerja di masa depan.

Menurut data yang diumumkan Biro Statistik Uni Eropa ISTAT, tingkat pengangguran di Zona Euro pada November mencapai 11,8 persen, lebih tinggi dibandingkan bulan Oktober yang sebesar 11,7 persen. Tingkat pengangguran bulan November di 27 negara Uni Eropa mencapai 10,7 persen, setara dengan bulan Oktober. Situasi lapangan kerja terus memburuk.

Data ISTAT juga menunjukkan, volume penjualan ritel di Zona Euro untuk bulan November hanya naik 0,1 persen dibandingkan bulan sebelumnya. Ini merupakan kenaikan pertama sejak bulan Agutus, namun masih tidak begitu kuat.(CRI)

Related posts