September 23, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Bursa berjangak timah telah dibuka di Indonesia

Bursa Berjangka Timah Indonesia dibuka belakangan ini. Pemerintah Indonesia optimis bursa timah Indonesia akan menjadi referensi harga timah dunia.

Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan mengatakan, sekarang ini transaksi fisik timah batangan untuk tujuan ekspor sudah dapat dilakukan melalui Bursa Timah. Dia berharap, dengan diluncurkannya komoditas timah di bursa berjangka Indonesia, maka kelak Indonesia bisa menjadi penentu harga internasional.

Gita menjelaskan, cara perdagangan timah seperti ini dapat mencegah terjadinya praktek under invoice (pencatatan yang lebih murah dibanding harga sebenarnya), meningkatkan penerimaan royalti, mencegah adanya praktek perdagangan timah ilegal, serta meningkatkan daya saing timah Indonesia.

Oleh karena itu, lanjutnya, timah batangan yang diperdagangkan di bursa wajib memiliki kualitas dan spesifikasi standar yang tinggi dengan kandungan stannum (sn) sebesar 99,9%.

Dia menambahkan, sebagai salah satu komoditas unggulan pertambangan, timah memegang peranan penting dalam struktur perolehan nilai ekspor produk pertambangan. Pada periode Januari-Mei 2013, volume ekspor timah mencapai 43.900 ton atau senilai USD 965,8 juta. Mendag berharap keberhasilan transaksi fisik komoditi ini akan diikuti oleh komoditas potensial Indonesia lainnya, seperti batubara, nikel, karet, kakao, dan kopi.

Related posts