April 12, 2021

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Gubernur BI : Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Q3 2014 sebesar 5,0%

Britama.com – Gubernur Bank Indonesia (BI), Agus Martowardojo, mengatakan pertumbuhan ekonomi nasional triwulan III 2014 berada pada kisaran 5,0%, tumbuh lebih rendah dari pada triwulan II 2014 sebesar 5,1%. Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2015 diperkirakan berada pada kisaran 5,3%-5,6%.

Ada beberapa tantangan yang dihadapi perekonomian Indonesia tahun 2015 diantaranya, tantangan global te rutama perlambatan ekonomi Tiongkok dan Normalisasi The Fed. Tantangan transaksi berjalan serta adanya kenaikan harga BBM, kenaikan UMP 2015 dan produksi pangan yang menurun. Ada 4 kebijakan yang telah dipersiapkan BI, pemerintah pusat dan daerah untuk menjaga pertumbuhan ekonomi tahun 2015.

Pertama, Strategi kebijakan BI secara konsisten diarahkan pada pencapaian target inflasi dan menurunkan defisit transaksi berjalan ke arah yang lebih sehat. Kedua, Kebijakan Fiskal yang pr udent dan reformasi struktural diperlukan. Ketiga, bersama TPID menyiapkan langkah mitigasi kemungkinan lonjakan inflasi pasca kenaikan harga BBM terutama pengendalian tarif angkutan umum. Keempat, Mendorong transaksi non tunai dan Layanan Keuangan Digital (LKD).

Related posts