Oktober 21, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Bank Dunia memperkirakan pertumbuhan ekonomi Global 2015 sebesar 3%

Britama.com – Laju pertumbuhan ekonomi global 2015 diperkirakan naik sampai 3 persen setelah melewati tahun 2014 yang dinilai cukup mengecewakan. Hal ini dilaporkan World Economic Outlook, majalah Bank Dunia (World Bank) kemarin (13/1). Menurut World Bank, kecenderungan pertumbuhan ekonomi maju semakin terbagi, sedangkan ekonomi berkembang akan mendapat manfaat dari menurunnya harga minyak dan menguatnya ekonomi Amerika.

Laporan menunjukkan, kecenderungan menguatnya ekonomi Amerika dan Inggris seiring dengan pemulihan pasar tenaga kerja dan pelonggaran kebijakan keuangan. Meski demikian, karena pemulihan zona Euro dan ekonomi Jepang masih lemah, maka inflasi rendah Euro akan berlangsung dalam jangka panjang. Laporan memperkirakan, laju pertumbuhan ekonomi Amerika tahun 2015 mencapai 3,2 poin, sedangkan laju pertumbuhan Inggris, zona Euro dan Jepang masing-masing mencapai 2,9 poin, 1,1 poin dan 1,2 poin.

Sementara itu, menurut analisa laporan tersebut, sebab utama yang mendorong pemulihan ekonomi negara berkembang termasuk menurunnya harga minyak, menguatnya ekonomi Amerika, bunga rendah di seluruh dunia serta merosotnya sejumlah pasar baru. Laporan berpendapat, laju pertumbuhan ekonomi Tiongkok tahun 2015 tetap positif , namun akan melamban dari 7,4 persen pada tahun 2014 menjadi sekitar 7,1 persen tahun 2015

Related posts