Oktober 20, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Indonesia siap bersaing di Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)

Britama.com – Indonesia tengah bersiap menghadapi tantangan baru, yakni Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) pada Desember 2015. Persiapan demi persiapan pun mulai dirancang, mulai dari sumber daya manusia (SDM), permodalan, barang dan jasa, serta strategi-strategi jitu dalam menghadapi MEA.

Tujuan dibentuknya MEA adalah baik yaitu mewujudkan terciptanya pasar bebas untuk meningkatkan stabilitas perekonomian di kawasan ASEAN. Begitu juga sebaliknya di Indonesia. Selain itu, MEA juga diharapkan sebagai upaya untuk mengatasi masalah dibidang ekonomi antarnegara ASEAN. Keberadaan MEA 2015 pun menjadi suatu perhatian tersendiri, khususnya bagi dunia bisnis industri kreatif. Dalam mempersiapkan MEA 2015, bukan hanya mempersiapkan SDM dan modal dalam berbisnis, tapi juga harus membangun image dalam berbisnis.

Bukan jasa dan produk lagi yang bersaing melainkan kemasan, packaging, dan branding. Ketika saatnya MEA datang, kemungkinan banyak barang yang akan masuk ke Indonesia. Barang-barang itu pun bermacam, tidak jarang pula yang memiliki kemiripan bahkan sama dengan produk brand lokal. Maka kita dituntut untuk membangun image sebuah produk dengan brand.

Setiap brand, baik lokal maupun internasional, pasti memiliki persepsi sendiri atau cara membangun persepsi yang berbeda-beda. Dalam tahapan ini, biasanya disebut awal sebuah brand itu dibentuk melalui impian. Sehingga, dalam membangun brand secara komersil menjadi tujuannya, namun mewujudkan brand lokal dapat bisa bersaing dengan brand asing di MEA nanti adalah cita-citanya.

Brand yang kuat dan hebat adalah brand yang dibangun berdasarkan impian si pemilik. Karena hal itulah yang menjadikan suatu produk memiliki persepsi yang berbeda-beda. Misalnya seorang pemilik yang bermula dari pedagang kakil lima di jalan, tentu perjuangnnya berbeda dengan pemilik yang mempunyai latar belakang konglomerasi atau sekumpulan saudagar-saudagar kaya yang membuat perusahaan menjadi besar.

Related posts