Oktober 24, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Kementerian Perindustrian : Produksi semen akan berlebih mulai tahun 2017

Britama.com – Kementerian Perindustrian menyatakan seiring dengan tingginya realisasi investasi pada industri semen di dalam negeri, total kapasitas semen nasional pada tahun 2017 akan mencapai 102 juta ton dari total kebutuhan 70 juta ton per tahun. Meski akan terjadi kelebihan pasokan semen, Kemenperin tidak akan mengusulkan industri ini untuk masuk ke dalam daftar negatif investasi (DNI).

Pemerintah akan segera mengusulkan persyaratan teknis kepada Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) khusus untuk industri semen, antara lain investasi industri semen harus berada di luar Pulau Jawa, kapasitas produksi pabrik semen tidak boleh lebih tinggi dari tiga kali lipat total kebutuhan semen dalam satu provinsi, penggunaan teknologi harus ramah lingkungan serta rendah konsumsi energi. Kelebihan pasokan yang akan terjadi pada tahun 2017 diharapkan dapat memenuhi permintaan pasar ekspor.

Saat ini terdapat 5 pembangunan pabrik semen yang akan berproduksi optimal pada tahun 2017, yaitu Jui Shin, Anhui Conch, Siam Cement, Cemindo Gemilang dan Panasia. Dari kelima investasi ini, total tambahan semen nasional pada tahun 2015 akan mencapai 9 juta ton serta 7,5 juta ton klinker. Pasokan ini akan bertambah menjadi 10,7 juta ton semen dan 9 juta ton klinker pada tahun 2016 dan 2017

Related posts