Oktober 24, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Menteri Keuangan: Pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan 5,4%

Britama.com – Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro, merevisi turun pertumbuhan ekonomi Indonesia menjadi 5,4% dari sebelumnya target 5,7% sesuai APBN-P 2015. Revisi turun ini dilandasi pertimbangan sejumlah kondisi, seperti pelemahan harga minyak mentah, rendahnya harga komoditas, rencana penaikan suku bunga Bank Sentral AS (Fed rate), dan perlambatan ekonomi China.

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, juga merevisi proyeksi pertumbuhan PDB tahun 2015 menjadi 5,1%, dari sebelumnya 5,4%-5,8%. Sedangkan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia tahun 2015 dari 3,8% menjadi 3,5% dan dari 3,4% menjadi 3%. Menurut Menkeu, perlambatan ekonomi kemungkinan masih terjadi pada kuartal II 2015 dengan kisaran 4,8%-5%.

Namun menjelang Ramadhan dan Idul Fitri atau akhir kuartal II dan awal kuartal III (Juni-Juli) 2015, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) akan meningkat karena konsumsi masyarakat naik. Sementara kinerja ekspor sulit diandalkan karena tertekan perlambatan ekonomi global dan penurunan harga komoditas. Sedang BI memperkirakan pertumbuhan PDB pada kuartal II 2015
mencapai 4,9%, kuartal III sebesar 5,3%, dan kuartal IV sekitar 5,4%.

Pada kuartal II, pertumbuhan ekonomi terutama didorong kenaikan konsumsi pemerintah dan dari kinerja ekspor kemungkinan mulai positif. Pertumbuhan ekonomi kuartal III dan IV akan ditopang oleh kenaikan konsumsi pemerintah dan investasi seiring meningkatnya realisasi fiskal dan penyaluran kredit perbankan. Kinerja ekspor juga akan membaik secara gradual seiring kenaikan ekonomi dunia.

Related posts