September 18, 2021

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Bank Negara BRICS telah di Resmikan di Shanghai, Tiongkok

Britama.com – Bank Pembangunan Baru BRICS atau NDB (New Development Bank) BRICS kemarin diresmikan di Shanghai, Tiongkok. Bank ini diperkirakan akan beroperasi pada akhir tahun ini atau awal tahun depan.

NDB BRICS bertujuan menyediakan dana untuk pembangunan infrastruktur dan projek perkembangan berkelanjutan negara-negara BRICS, yaitu Brasil, Rusia, India, Tiongkok, Afrika Selatan, serta pasar yang baru bangkit lainnya dan negara-negara berkembang. Pada Juli tahun ini, NDB BRICS pertama kalinya mengadakan pertemuan dewan di Moskow dan mengumumkan pembentukan resminya.

Dalam upacara pembukaan kemarin, Menteri Keuangan Tiongkok, Lou Jiwei menyatakan bahwa sebagai bank pembangunan multilateral yang disponsorsi negara-negara berkembang, NDB BRICS akan lebih mementingkan kebutuhan negara-negara berkembang, menghormati situasi negara-negara berkembang, dan menunjukkan ide negara-negara berkembang.

Lou Jiwei mengatakan, NDB BRICS mendukung pembangunan infrastruktur, dan melaluinya akan meredakan hambatan yang dihadapi negara-negara berkembang dan negara-negara baru bangkit dalam jangka panjang secara efektif, menyediakan dukungan kuat untuk penyesuaian struktur industri, meningkatkan dan mempercepat perkembangan komunike ekonomi, serta bermanfaat bagi pemeliharaan kecenderungan baik perkembangan ekonomi.

Sebagai bank pembangunan multilateral yang dibentuk negara-negara pasar baru bangkit, NDB akan lebih mementingkan kebutuhan negara-negara berkembang, menghormati keadaan negara-negara berkembang, serta mempertunjukkan gagasan negara-negara berkembang. Hal ini ini pasti akan bermanfaat untuk memperkaya pengalaman praktek gagasan perkembangan internasional dan meningkatkan efisiensi kerja sama perkembangan.

Menurut program NDB BRICS, modal sah NDB BRICS mencapai USD100 miliar, modal yang disetor pada tahap awal mencapai USD50 miliar, dan dibagi secara merata kepada lima anggota BRICS, yakni masing-masing 20 persen. Markas besar NDB BRICS terletak di Shanghai, dan gubernur NDB BRICS berasal dari 5 negara anggota pencipta secara bergilir. Gubernur pertama NDB BRICS adalah Vaman Kamath dari India.

Mengenai hubungan dengan AIIB yang disponsori Tiongkok, Vaman Kamath mengatakan akan membentuk hotline dengan AIIB, agar dapat menjamin tindakan bersama.

Related posts