Januari 25, 2021

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Penanaman Modal asing di Tiongkok meningkat 8 % pada Semester I 2015

Britama.com – Dalam enam bulan pertama tahun ini, jumlah modal asing yang dimanfaatkan secara riil FDI (Foreign Direct Investment / Penanaman Modal Asing) Tiongkok tercatat 68,41 miliar dolar Amerika yang berarti naik 8 persen, dan industri jasa merupakan titik pertumbuhan utama. Wakil Menteri Perdagangan Wang Shouwen mengatakan, apabila iklim internal dan eksternal tidak mengalami perubahan besar, FDI Tiongkok sepanjang tahun ini dapat mencapai 125 miliar dolar Amerika dan naik sekitar 4 persen dibandingkan dengan tahun 2014.

Meski rehabilitasi ekonomi dunia lamban sejak tahun ini, Tiongkok menonjol dalam memanfaatkan modal asing pada semester pertama tahun ini. Wang Shouwen mengatakan, struktur pemanfaatan modal asing juga telah dioptimalkan bersamaan dengan kenaikan skalanya.

Selain itu, mengingat laju pertumbuhannya pada periode yang sama tahun lalu hanya 2,2 persen, performa pemanfaatan modal asing Tiongkok cukup baik. Ia menekankan, industri jasa kini menyerap modal asing lebih dari 60 persen dan menjadi titik pertumbuhan utama pemanfaatan modal asing Tiongkok.

Bersamaan dengan bertambahnya pemanfaatan modal asing oleh industri jasa, modal asing yang dimanfaatkan industri manufaktur menurun. Akan tetapi, perbandingan sejumlah industri manufaktur yang canggih tengah naik.

Selain itu, perbandingan penyerapan modal asing dengan cara merger itu bertambah. Data menunjukkan, pada semester pertama tahun ini, total perusahaan modal asing yang didirikan dengan cara merger adalah 641 dan modal asing yang dimanfaatkan secara riil tercatat 13,19 miliar dolar Amerika, masing-masing naik 21,2 persen dan 336,5 persen. Perbandingan merger dalam modal asing yang
dimanfaatkan secara riil naik dari 4,8 persen pada periode yang sama tahun lalu sampai 19,3 persen.

Wang Shouwen berpendapat, investasi dengan merger akan menjadi cara penting modal asing memasuki Tiongkok. Menurut tokoh-tokoh kalangannya, merger transnasional kini merupakan cara paling utama investasi langsung di seluruh dunia dan perbandingannya merupakan 75 hingga 80 persen.

Perusahaan transnasional beramai-ramai memperbesar intensitas lokalisasi penelitian dan pengembangann serta aktif melakukan inovasi. Ini merupakan sebuah ciri khas baru dalam pemanfaatan modal asing di Tiongkok.

Related posts