Oktober 28, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

PGAS / Perusahaan Gas Negara Tbk cetak laba bersih USD227,34 juta pada Semester I 2015

Britama.com – PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) melaporkan Selama enam bulan pertama tahun 2015 ini, PGAS mencatatkan pendapatan neto sebesar USD1,42 miliar, laba operasi USD289,88 juta, EBITDA sebesar USD417,07 juta dan laba bersih sebesar USD227, 34 juta atau USD0,00936, Laba bersih tersebut turun 38,56% dibandingkan USD370,05 juta atau USD0,01526 per saham pada periode yang sama tahun 2014.

Selama enam bulan pertama tahun ini volume penjualan distribusi gas bumi Perseroan sebesar 790 MMSCFD. Sedangkan volume transmisi gas bumi yang disalurkan anak perusahaan PT Transportasi Gas Indonesia sebesar 752 MMSCFD dan volume transmisi gas bumi dari PGAS sebesar 10 MMSCFD.

Pendapatan dan laba bersih PGAS pada semester I tersebut sejalan dengan menurunnya makro ekonomi Indonesia dan nilai tukar rupiah. Menurunnya perekonomian nasional itu berpengaruh terhadap kinerja pelanggan PGAS secara umum, khususnya pelanggan pembangkit listrik dan industri. Karena kinerja pelanggan yang menurun tersebut membuat penyerapan gas bumi dari PGAS juga menurun yang berimbas pada pendapatan dan laba bersih PGAS.

Sekretaris Perusahaan PGAS Heri Yusup menyatakan bahwa kinerja PGAS pada semester I ini mencerminkan kondisi makro ekonomi secara umum. “Ketika pelanggan kami, khususnya dari kalangan pembangkit listrik dan industri mengurangi penyerapan gas dari PGAS hal tersebut berimbas pada pendapatan dan laba PGAS secara umum. Sejalan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan perekonomian nasional, kami optimistis kondisi ke depan akan membaik” kata Heri Yusup.

Meski kondisi makro ekonomi secara umum sedang mengalami perlambatan, PGAS tetap fokus dalam mengembangkan infrastruktur gas bumi dalam rangka memperluas pemanfaatan energi baik gas bumi.

Related posts