Desember 05, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

ANTM incar tambang emas di Myanmar dan Filipina

Britama.com – Aneka Tambang Tbk (ANTM) menjajaki akuisisi tambang emas di Myanmar dan tambang nikel di Filipina tahun ini. Langkah tersebut merupakan salah satu upaya perseroan dalam mencari pasar baru di luar negeri.

Pemerintah kedua negara tidak melarang ekspor raw material. Strategi ini untuk mengurangi kerugian akibat turunnya harga komoditas. Selain di luar negeri, ANTM juga mencari peluang untuk melakukan eksplorasi baru di tambang domestik.

ANTM menganggarkan belanja modal senilai USD160 juta pada 2016. Belanja modal perseroan pada 2015 sendiri mencapai sekitar Rp2 triliun yang terdiri dari investasi rutin Rp 226 miliar dan investasi peng embangan Rp1,7 triliun.

ANTM berencana melakukan pembangunan sejumlah proyek prioritas seperti Proyek Pengembangan Pabrik Feronikel di Pomalaa, Sulawesi Tenggara serta Pabrik Feronikel di Halmahera Timur. Proyek lain yang digarap oleh perseroan adalah pembangunan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat.

Dalam proyek tersebut, perusahaan bekerjasama dengan PT Indonesia Asahan Alumunium dan Alumunium Corporation of China.

Di samping itu, perseroan juga berencana bekerja sama dengan PT Freeport Indonesia dan PT Smelting untuk pembangunan pabrik Anode Slime dan Precious Metal Refinery. ANTM dan Freeport berencana menyelesaikan pembentukan ventura pada kuartal IV-2016.

Related posts