Desember 02, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

ANTM kerjasama dengan perusahaan asal Jerman untuk Produksi Feronikel

Britama.com – Aneka Tambang Tbk (ANTM) bekerja sama dengan Cronimet Holding GmbH (Cronimet) dan Ferrosta al Industrial Projects GmbH (Ferrostaal), perusahaan asal Jerman, guna meningkatkan nilai jual pada produksi feronikel.

Penandatangan kerja sama dimaksudkan untuk pengembangan fasilitas produksi feronikel di Pomalaa, Sulawesi Tenggara, Indonesia. Estimasi awal nilai proyek adalah sebesar USD800 juta dan kepemilikan Antam dalam proyek ini diperkirakan sebesar 25%, sedang Croniment dan Ferrostaal akan memiliki 75%.

Proyek ini adalah bagian dari strategi Antam untuk masuk ke aktivitas pengolahan yang bernilai tambah dengan bekerja sama dengan mitra kelas dunia seperti Cronimet dan Ferrostaal. Perseroan bersama Cronimet dan Ferrostaal akan mengkaji kemungkinan untuk mengembangkan deposit nikel milik Antam melalui pembangunan fasilitas produksi feronikel yang berlokasi di Pomalaa, Sulawesi Tenggara.

Setelah diperoleh hasil dari kajian studi pendahuluan, proyek ini diperkirakan akan mengolah 1,85 juta wet metric ton (wmt) bijih nikel per tahun menjadi 19.500 metric ton nikel dalam bentuk feronikel dengan kandungan minimum nikel sebesar 15%. Perseroan akan memasok bijih nikel sebagai umpan pabrik dengan kadar nikel minimal 1,6%.

Selain itu perseroan juga memperoleh keuntungan dalam pemanfaatan infrastruktur yang sudah ada di Pomalaa serta bertanggung jawab dalam hal operasi dan perawatan (Operation and Maintenance) dari fasilitas produksi feronikel tersebut.

Related posts