Juli 10, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

KAEF / Kimia Farma cari dana Rp400 miliar untuk kebutuhan Capex tahun ini

Britama.com – Kimia Farma Tbk (KAEF) mengincar pendanaan sekitar Rp300-400 miliar untuk memenuhi kebutuhan anggaran belanja modal (Capex / Capital Expenditures) pada 2016. KAEF berupaya untuk mencari sumber pendanaan dengan biaya paling murah.

Sejumlah pilihan yang disiapkan adalah penerbitan obligasi, medium term notes (MTN) atau pinjaman perbankan. Sebelumnya, KAEF juga memiliki rencana menerbitkan saham baru (rights issue) tanpa Penyertaan Modal Negara (PMN) dengan target perolehan dana Rp1 triliun pada 2016. Disinggung mengenai rencana rights issue, KAEF belum dapat memastikan mengingat perusahaan masih menunggu keputusan dari Kementerian BUMN selaku kuasa perwakilan pemegang saham mayoritas perusahaan.

KAEF menyiapkan capital expenditure (capex) atau belanja modal tahun 2016 sebesar Rp 958 miliar yang digunakan untuk membangun pabrik, apotek dan klinik. Perseroan akan membangun kembali pabrik garam tahap II dengan kapasitas 4 ribu ton. Dengan pabrik ini maka 100% kebutuhan garam farmasi nasional sudah bisa ditutupi.

KAEF akan membangun lebih dari 100 apotek dan 50 klinik pada tahun 2016. KAEF akan membangun pabrik rapid tes pertama di Indonesia. Perseroan juga akan membangun pabrik bahan baku obat yang pertama di Indonesia yang pembangunannya dimulai tahun 2016 ini. Pendanaan belanja modal tahun 2016 diperoleh dari medium term notes (MTN), obligasi, pinjaman perbankan, dan dana kas perseroan. Total dana kas perseroan yang telah disiapkan sekitar Rp500 miliar.

Related posts