November 30, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

LEAD akan jual 19 Kapal berusia diantara 10-20 tahun

Britama.com – Logindo Samudramakmur Tbk (LEAD) menyatakan siap melego 19 armada kapal untuk meningkatkan efisiensi di tengah tingkat utilisasi kapal yang turun sebagai dampak dari gejolak harga minyak.

Sebagian besar kapal yang akan dijual merupakan kapal- kapal tug boat berusia uzur, mulai dari belasan hingga 20 tahun. Perseroan akan menjual kapal-kapal tersebut karena lebih sering melego jangkar dibandingkan berlayar menerima pesanan.

Rencana penjualan 19 kapal tersebut juga membuat LEAD berhemat USD437.000 karena menghentikan penyusutan sementara terhadap kapal-kapal tersebut. Sementara itu, untuk kapal – kapal besar, LEAD juga memperpanjang masa penyusutan armada sehingga bisa menghemat biaya hingga USD2,2 juta.

Perlu diketahui, akibat pertumbuhan ekonomi global yang kurang bagus, LEAD pada tahun 2015 hanya merealisasikan anggaran belanja modal senilai USD5,09 juta, dibandingkan pada tahun 2014 anggaran belanja modal Perseroan mencapai USD42,64 juta. Untuk tahun 2015, Perseroan tidak melakukan pembelian kapal baru, investasi terbesar didistribusikan ke docking kapal sebesar USD2,83 juta, dan Peralatan kapal senilai Rp1,29 juta, sisanya untuk perabot kantor dan pembayaran aset, sedangkan realisasi Anggaran belanja modal yang besar pada tahun 2014 tersebut sebagian besar digunakan untuk pembelian kapal baru (2 unit Anchor Handling Tug Supply (AHTS) dengan daya power 4080 BHP) yaitu senilai USD40,08 juta, dan sisanya untuk docking kapal, dan peralatan kantor.

Related posts