November 29, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

PTBA / Bukit Asam Tbk berencana akuisisi tambang di Kalimantan dan Sumatera

Britama.com – Untuk peningkatan kapasitas produksi tambang, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) terus melakukan penjajakan mencari kawasan tambang yang berlokasi di Kalimantan dan Sumatera.

Untuk, perkiraan nilai akuisisi dan identitas perusahaan belum disebutkan oleh Perseroan. Sementara itu, perseroan optimistis dengan terbentuknya holding BUMN tambang yang direncanakan akhir tahun ini dapat memberikan nilai tambah bagi perseroan dan pemegang saham.

Pada awal tahun 2016, empat BUMN tambang seperti PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PTBA, PT Timah Tbk (TINS), dan PT Indonesia Asahan Aluminium menjalin sinergi yang ditandai dengan penandatanganan MoU.

Pemerintah mengklaim sinergi ini merupakan bagian dari konsolidasi penguatan BUMN tambang dalam negeri. Konsolidasi ini dikaji oleh Komite Konsolidasi BUMN pertambangan yang telah dibentuk oleh menteri BUMN melalui Keputusan Nomor SK-250/MBU/12/2015 pada 14 Desember 2015. Salah satu wujud kesepakatan, Antam dan Bukit Asam akan bersinergi pasok tenaga listrik ke pabrik peleburan feronikel di Halmahera Timur.

Selain itu, komitmen perseroan untuk peduli terhadap kelestarian lingkungan, PTBA mengubah lahan tambang batubara Ombilin di Sawahlunto, Sumatera Barat menjadi kawasan wisata.

Saat ini, di lahan pasca tambang tersebut sudah dibangun kawasan pariwisata, yang meliputi perkebunan, fasilitas umum, olahraga, pacuan kuda, peternakan dan sebagainya. Pengelolaannya dipercayakan kepada Pemkot Sawahlunto.

Sementara itu, aset milik Bukit Asam berupa gedung-gedung tua dan lubang tambang batubara akan dijadikan wisata heritage di Sawahlunto. Manajemen Perseroan mengharapkan, dengan adanya pengelolaan aset dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan dan pemegang saham.

Related posts