November 26, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Waskita Karya / WSKT dapat proyek Pelabuhan Belawan senilai Rp683,88 miliar

Britama.com – Waskita Karya Tbk (WSKT) telah memenangan proyek tender pembangunan Pelabuhan Belawan Fase 1 senilai Rp683,88 miliar. Proyek pengerjaan fisik tersebut dibiayai oleh Kementerian Perhubungan melalui pinjaman asing dari Islamic Development Bank (IDB) senilai USD87,5 juta.

Penandatanganan pinjaman ini sudah dilakukan antara pemerintah Indonesia dan Islamic Development Bank pada 14 Desember 2009. Perjanjian pinjaman ini mencakup pekerjaan fisik, jasa konsultasi, auditor dan dukungan proyek (project management unit), dan Jangka waktu pinjamannya 15 tahun.

Seperti diketahui sebelumnya, lelang kontrakor tersebut dilakukan selama dua kali. Pada lelang pertama tidak ada pemenangnya karena peserta hanya terdiri dari satu peserta sehingga harus dilakukan lelang ulang pada 2013.

Pada 2014, Kemenhub akhirnya mengumumkan pemenang lelang ulang yakni Waskita Karya. Menteri Perhubungan sendiri baru menetapkan penunjukan WSKT pada 2 September 2015.

Dalam Proyek tersebut, dermaga terminal peti kemas di Pelabuhan Belawan harus diperpanjang 700 meter. Dari total panjang dermaga, dia mengaku 350 meter dibiayai oleh Satker Kementerian Perhubungan dan Islamic Development Bank. Sisanya sekitar 350 meter dibiayai penuh oleh Pelindo I, Proyek tersebut diperkirakan selesai pada pertengahan 2018.

Dengan penyelesaian pengembangan terminal peti kemas Pelabuhan Belawan ini maka kapasitasnya akan bertambah dari 1,2 juta TEUs menjadi 2 juta TEUs, dan total seluruh investasi tersebut akan mencapai Rp6 triliun.

Pelindo I harus mengeluarkan dana sebesar USD350 juta. Dari total invetasi tersebut, dia mengatakan 70% akan dibiayai melalui pinjaman dan 30% melalui kas perusahaan. Saat ini, Pelindo I baru mendapatkan pinjaman sebesar Rp1,7 triliun dari Bank Mandiri Tbk (BMRI).

Related posts