November 30, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

WIKA akan terbitkan saham baru senilai Rp2 triliun pada tahun ini

Britama.com – Wijaya Karya Tbk (WIKA) akan melakukan beberapa aksi korporasi di pasar modal untuk mencari pendanaan guna mengikuti tender dari proyek-proyek yang sedang diincar. Perseroan berencana menerbitkan saham baru (rights issue) mencapai Rp2 triliun pada tahun 2016.

Rights issue tersebut tetap akan dilaksanakan meskipun perseroan memperoleh dana dari Penyertaan Modal Negara (PMN). Dalam rights issue tersebut, nantinya sebagian atau 9%-10% saham milik pemerint ah akan dilepas ke pasar.

Saat ini pemerintah menguasai sebesar 65% saham di Wijaya Karya. Dengan adanya right issue, maka saham pemerintah akan berkurang menjadi sebesar 55%. Setelah rights issue, perseroan akan mendapat ruang untuk mencari dana sebesar Rp6 triliun baik melalui pasar modal atau perbankan.

Namun perseroan akan menerbitkan surat utang (medium term notes/MTN). Dengan demikian banyak yang bisa dilakukan WIKA di infrastruktur baik jalan tol, power plant dan lain-lain.

WIKA tengah membidik kontrak di luar negeri. Di Arab Saudi, perseroan sedang menjajaki proyek dua hotel dan asrama haji. Potensi ketiga proyek tersebut sebesar USD50-100 juta.

Selain itu, WIKA juga tengah membidik proyek senilai USD500-700 juta di Timor Leste. Sementara itu, hingga 28 April 2016, kontrak baru perseroan tercatat sebesar Rp8,76 triliun.

Related posts