Oktober 23, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

ANJT siap operasikan pabrik pengolahan sagu pada akhir tahun ini

Britama.com – Emiten perkebunan kelapa sawit dan sagu, PT Austindo Nusantara Jaya Tbk (ANJT), menyatakan, tahun ini akan mengoperasikan pabrik pengolahan sagu di Papua Barat. Pabrik tersebut dikelola salah satu anak usahanya, PT ANJ Agri Papua (Anjap).

Tenggat waktu operasional ini mundur dari target awal Mei 2016. Penyebabnya, pembangkit listrik biomassa berkapasitas 3 megawatt (MW) yang berada di sekitar lokasi pabrik di Kabupaten Sorong Selatan itu belum tuntas.

Saat ini, pembangkit listrik tersebut sudah dalam tahap percobaan, sehingga belum bisa dimaksimalkan. Pembangkit listrik ini menggunakan berbahan baku limbah sagu. Perseroan tidak mau mengambil risiko dengan hanya mengandalkan pasokan listrik ke pabrik itu dari pembangkit listrik tenaga diesel.

Perseroan telah menanggarkan dana investasi sekitar USD42 juta untuk membangun proyek pabrik pengolahan sagu. Satu pabrik sudah beroperasi perdana, mulai Oktober 2015.

Kapasitas produksi pabrik ini belum maksimal masih sekitar 1.250 ton per bulan akibat terkendala sumber energi. Oleh karena itu, jika pabrik baru ini sudah beroperasi penuh dengan dukungan sumber energi yang memadai, ANJ menargetkan dapat memproduksi sagu hingga 4.800 ton.

Produksi dari pabrik perdana Anjap telah dipasarkan ke pasar domestik sejak April 2016 dengan volume sebanyak 60 ton. ANJT membidik potensi pasar sagu Pulau Jawa sebagai basis pemasaran produknya. Perusahaan tersebut juga akan mengembangkan wilayah lain di Indonesia sebagai upaya perluasan pasar sagu di Tanah Air.

Pabrik pengolahan sagu ini merupakan diversifikasi usaha ANJ yang dirintis sejak tahun 2014. Perusahaan tersebut memiliki izin konsesi perkebunan sagu seluas 40.000 hektare (ha). Namun, saat ini kebun yang ditanami seluas 9.000 ha. Dari luas areal lahan yang sudah tertanam, seluas 6.500 ha di antaranya merupakan kebun inti. Program ini merupakan kerjasama dengan masyarakat setempat.

Related posts