Desember 04, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

EXCL akan bangun FO sebanyak 1000 km ke atas pada tahun ini

Britama.com – XL-Axiata Tbk (EXCL) membangun jaringan fiber optik (FO) di berbagai daerah wilayah Indonesia. Beberapa di antaranya FO untuk backbone di Kalimantan sejauh sekitar 900 km yang menghubungkan Banjarmasin dengan Balikpapan.

Pada tahun 2016 proyek pembangunan FO yang masih berjalan antara lain di Kalimantan untuk jaringan backbone sepanjang 900 km dan Hut Fiberisasi, serta ekspansi FO backbone di Jawa sepanjang 170 km, pembangunan FO untuk jaringan LTE di Jawa 153 km, Sumatera 37 km, serta di Bali-Lombok- Sumbawa, Sulawesi, dan Kalimantan. XL juga membangun FO joint construction 130 km di Kalimantan.

Selain itu perseroan memodernisasi jaringan FO yang telah berusia belasan tahun yang memerlukan upgrade sepanjang kurang lebih 200 km di Jawa.

Hingga saat ini total panjang FO yang dimiliki XL 40 ribu km. Sekitar 12% di antaranya merupakan FO yang berada di bawah laut. Proyek yang masih berjalan tahun 2016, antara lain ada di wilayah Sumatera, Kalimantan, Bali- Lombok-Sumbawa, Sulawesi, dan Jawa.

Jaringan FO milik XL juga menjangkau wilayah perbatasan negara, antara lain di sekitar Batam-Dumai, perbatasan dengan Singapura dan Malaysia. XL juga memiliki jaringan FO yang terhubung langsung dengan jaringan internasional, yaitu di Batam-Dumai-Malaka (Malaysia), Batam-Singapura, Batam-Sungai Rengit- Kuala Lumpur (Malaysia).

Related posts