November 28, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

PTBA akan kembali menjual batubara ke China pada kuartal III 2016

Britama.com – Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA) akan kembali menjual batu bara ke China pada kuartal III atau kuartal IV 2016 dengan harga yang bagus. Sebelumnya PTBA tidak menjual batu bara ke China karena harga jual di China sangat rendah.

Saat ini di China tengah menerapkan kebijakan mengurangi waktu bekerja yang berdampak pada kapasitas produksi batu bara China turun sebesar 600 juta ton per tahun. Kapasitas produksi batu bara China mencapai 2,5 miliar ton per tahun dengan tingkat konsumsi batu bara sebanyak 1,5 miliar miliar ton per tahun. Sedangkan produksi batu bara Indonesia saat ini diprediksi hanya 300 juta ton per tahun.

Dengan selisih itu ditambah adanya permintaan negara-negara baru yang mengkonsumsi batu bara, perseroan memperkirakan masih cukup tinggi sehingga mendorong harga batu bara naik. Mengenai harga rata-rata batu bara PTBA, maka harganya masih dalam harga yang premium. Dengan batu bara yang dimiliki perseroan dengan kalori 6.100 dan bila dikonversi dengan indeks Newcastle, maka PTBA masih mendapatkan harga di atas sekitar USD4 per ton.

Saat ini jumlah cadangan batu bara di Indonesia mencapai 31 miliar ton dan PTBA memiliki 10% atau 3,1 miliar ton. Apabila produksi PTBA saat ini 30 juta ton per tahun, maka ketersediaan batu bara perseroan bisa mencapai 100 tahun lagi.

Related posts