Januari 22, 2021

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Empat Bank BUMN gandeng Telkom untuk proses switching transaksi

Britama.com – Himpunan Bank-bank milik Negara (HIMBARA) menggandeng Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) membentuk sebuah perusahaan Prinsipal yang akan memfasilitasi proses switching transaksi di antara bank-bank HIMBARA, Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), Bank Mandiri Tbk (BMRI), Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) dan Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

Pembentukan ekosistem National Payment Gateway (NPG) merupakan salah satu inisiatif strategis yang menyokong visi pemerintahan Republik Indonesia untuk terwujudnya Indonesia yang berdaulat mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong dan mendorong BUMN menjadi agen pembangunan.

Pada tahap awal, pembentukan entitas perusahaan yang akan menjadi prinsipal dilakukan oleh Telkom melalui penyertaan modal awal yang bersifat sementara hingga terbentuknya Holding BUMN Keuangan.

Selanjutnya Holding BUMN Keuangan akan menjadi pemegang saham mayoritas dalam perusahaan Prinsipal.

Bagi nasabah sinergi dalam pembentukan NPG ini akan menjadikan biaya transaksi ATM yang sangat murah, selain peningkatan efisiensi dengan pembagian infrastruktur sistem pembayaran, juga diharapkan dapat meningkatkan kontrol atas transaksi dan mengurangi ketergantungan terhadap Prinsipal asing.

Selain itu, bank-bank BUMN saat ini sedang bekerja sama untuk mewujudkan sinergi infrastruktur ATM dan EDC. Di tahun 2016, diharapkan 10.000 ATM dan 10.000 EDC bank-bank BUMN sudah beroperasi.

Related posts