Januari 26, 2021

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

INDF akan terus melepas saham CMFC

Britama.com – Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) akan terus melepas sebagian besar saham di China Minzhong Food Corporation (CMFC). CMFC bahkan sudah meminta otoritas bursa Singapura (SGX) untuk menghentikan sementara perdagangan saham mereka akhir Agustus 2016 lalu.Permintaan suspensi ini menyusul posisi CMFC yang telah mengantongi informasi bahwa ada perkembangan terkait rencana transaksi yang diteken sebelumnya.

Pada saat ini, manajemen INDF enggan memberikan tanggapan. tetapi, mengacu laporan keuangan semester I 2016, emiten Grup Salim ini akan terus melanjutkan proses divestasi hingga porsi kepemilikan jadi minoritas di CMFC.

Pada Laporan keuangan INDF menyebutkan, pada 14 Oktober 2015 Indofood Sukses dan China Minzhong Holdings Limited (CMZ BVI) selaku pemegang saham 0,82% CMFC meneken nota kesepahaman mengikat (MoU) yang menetapkan persyaratan bagi kedua pihak untuk melakukan finalisasi jual beli saham.

Bersamaan dengan penandatangan MoU itu, CMZ BVI menyerahkan dana SGD40 juta kepada INDF sebagai uang muka. Dana ini dicatat sebagai bagian dari penyelesaian jual beli saham sekaligus kompensasi jika INDF dan CMZ BVI gagal menandatangani kesepakatan divestasi CMFC hingga tanggal yang ditetapkan sebelumnya.

Salah satu butir kesepakatan dalam MoU tersebut adalah, setelah penandatanganan nota kesepahaman, INDF dan CMZ BVI akan membahas rencana divestasi CMFC dalam tempo 12 bulan. Penandatanganan itu sendiri setelah INDF menerima letter of intent dari CMZ BVI pada 31 Desember 2014.

Surat itu menyatakan, CMZ BVI berniat membeli 347 juta saham atau 52,94% saham CMFC di harga SGD1,2 per saham. Closing transaksi tersebut tergantung penyelesaian perjanjian pendanaan yang dibutuhkan CMZ BVI.

Yang jelas, pasca transaksi ini dieksekusi, INDF langsung berubah status jadi pemegang saham minoritas CMFC yakni 29,94%. INDF mengakuisisi CMFC akhir 2013 lalu. Proses akuisisi berlangsung beberapa tahap. Pertama-tama INDF mengakuisisi 59,48% saham senilai SGD416,3 juta.

Selanjutnya penawaran tender sisa saham CMFC. Lalu INDF membeli 32,79% saham dengan nilai SGD240,69 juta.

Related posts