Januari 16, 2021

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

SMSM yakin penjualan akhir tahun 2016 akan lebih baik

Britama.com – Selamat Sempurna Tbk (SMSM) optimis pendapatan akan lebih baik di separuh kedua tahun ini. Hingga saat ini, portofolio penjualan SMBR masih mengandalkan ekspor dengan porsi 70%, sisanya dari dalam negeri 30%.

Seperti diketahui, pada separuh pertama 2016, penjualan SMSM tercatat Rp 1,34 triliun, naik 4% dari periode yang sama tahun sebelumnya, sedangkan laba bersih Perseroan mengalami penurunan dari Rp129,81 miliar pada Semester I 2015 menjadi Rp116,62 miliar pada Semester I 2016 atau turun 11,31%.

Meski penjualan naik, di periode pertama 2016, kinerja ekspor SMSM meleset dari harapan, yakni turun sebesar 3%, menjadi Rp865 miliar. Adapun pada periode yang sama tahun 2015 lalu, ekspor SMSM tercatat Rp895 miliar.

Penurunan ekspor terkait dengan lesunya aktivitas ekonomi di pasar global, sebab SMSM merupakan produsen komponen filter dan radiator mobil yang telah mengekspor produknya ke-115 negara. Di pasar dalam negeri, SMSM memasok komponen tersebut untuk kebutuhan perakitan mobil Datsun dan juga Isuzu.

Namun, portofolio penjualan di dalam negeri terbesar SMSM bukanlah dari pabrikan, melainkan dari pasar pengganti (replacement).

Filter dan radiator merupakan komponen mobil yang memiliki masa pakai. Maka itu, ketika populasi mobil bertambah, maka akan berbanding lurus dengan permintaan filter dan radiator. Sekitar 90% penjualan domestik Perseroan untuk pasar pengganti.

Tahun ini, Perseroan mengalokasikan belanja modal sekitar Rp100 miliar yang sumber dananya dari internal. Sampai Juni, dana yang terpakai baru Rp38,53 miliar, dan digunakan untuk line balancing, peremajaan mesin dan pembelian mould and dies.

Adapun target penjualan dan laba sampai akhir tahun, Lidiana yang berkantor di Jakarta itu, belum mau berkomentar. Dalam menjalankan bisnis komponen otomotif, SMSM mengandalkan produksi dari pabrik di Tangerang dan Jakarta.

Adapun produksi pabrik tersebut baru mencapai 50%-60% dari kapasitasnya. Dalam satuan angka, kapasitas produksi filter SMSM mencapai 100 juta filter per tahun. Sedangkan kapasitas produksi radiator mencapai 2 juta unit per tahun.

Related posts