November 26, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Cadangan Emas PSAB akan mencapai 2,5 juta ons

Britama.com – Salah satu Emiten pertambangan emas terbesar di Tanah Air, PT J Resources Asia Pasifik Tbk (PSAB), akan melakukan beberapa ekspansi bisnis hingga akhir tahun ini. Mulai dari mengebor tambang emas hingga percepatan pembangunan smelter.

Perseroan telah mengantongi izin mengeksplorasi area tambang baru di Terenggun. Izin yang didapat pada 29 Juli 2016 tersebut bakal dieksekusi bulan ini.

Di proyek ini, Perseroan mengklaim tidak membutuhkan dana besar, cukup sekitar USD10 juta. Sebab proyek tersebut berdekatan dengan proyek Penjom yang dikelola perusahaan ini di Malaysia. Sedangkan proyek pembangunan smelter di Pani, Gorontalo, pihaknya sudah membebaskan lahan. Proyek ini diprediksikan kelar semester kedua tahun depan, sekaligus bisa memproduksi.

Untuk membangun smelter tersebut, perusahaan tambang ini sudah menyiapkan anggaran dari sindikasi pinjaman senilai Rp3 triliun. Adapun nilai proyek smelter tersebut adalah USD50 juta dengan asumsi produksi bisa mencapai 20.000 ons per tahun.

Sambil mempersiapkan dua proyek tersebut, J Resources sampai akhir tahun ini tidak akan terlalu agresif mengejar target produksi 221.000 ons. Sebab, harga emas sudah naik 10% sampai September 2016 lalu. Alhasil, pendapatan perusahaan ini hingga bulan tersebut sudah menembus USD180 juta.

Apalagi adanya tambahan tambang baru di Terenggun, maka cadangan emas terbukti perusahaan ini bertambah menjadi 2,5 juta ons ketimbang Desember 2015 yang masih 2 juta ons. Adapun potensi cadangan mencapai enam juta ons.

PSAB masih memiliki life of mine mencapai 10 tahun lebih bila diasumsikan bahwa Perseroan memproduksi 200.000 ons per tahun.

Kini, perusahaan itu tengah terus berupaya mengebor tambang emas miliknya. Dari total anggaran belanja modal sebesar USD70 juta sepanjang tahun ini, sebagian besar untuk melaksanakan hajatan tersebut. Sampai September kemarin, perusahaan ini sudah memakai 50% anggaran untuk pengeboran.

Related posts