Desember 05, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

PTBA menargetkan pengangkutan batubara menjadi 23,7 juta ton

Britama.com – Emiten perusahan batubara milik plat merah, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menargetkan dapat segera merealisasikan peningkatan kapasitas pengangkutan batubara tahun ini. Sebelumnya, perusahaan pelat merah ini menargetkan kapasitas pengangkutan bisa melonjak 50% dari 15,8 juta ton di 2015 menjadi 23,7 juta ton di akhir 2016.

Untuk itu PTBA melakukan pengembangan berkelanjutan untuk jalur kereta menuju pelabuhan atau terminal batubara.

Saat ini, ekspor batubara PTBA mencapai Rp2,47 triliun. Angka ini setara dengan 36% dari total pendapatan perusahaan di semester 1-2016 yang tercatat sebesar Rp 6,75 triliun. Adapun pengiriman ke luar negeri yang terbesar adalah untuk pasar Taiwan, Jepang, Prancis, Malaysia, India dan Sri Lanka.

Di sisi lain, PTBA belum berniat kembali meningkatkan kapasitas produksi batubara, walaupun harganya kini tengah menanjak. Di awal tahun, PTBA menargetkan dapat meningkatkan kapasitas produksinya sebesar 33,84% menjadi 25,75 juta ton.

Manajemen Perseroan menyatakan, peningkatan produksi tidak mudah dilakukan. Sebab, ada banyak faktor yang harus diperhitungkan. Tapi manajemen PTBA optimistis target produksi batubara tahun ini tercapai. Meski per Agustus lalu, produksi batubara PTBA baru sekitar 11,3 juta ton, dan masih kurang 14,45 juta ton yang perlu dikejar dalam empat bulan untuk mencapai target.

Sebagai informasi, saat ini PTBA memiliki izin lahan IUP seluas 93,977 hektare, dengan jumlah ketersediaan batubara mencapai 8,27 miliar ton dan cadangan atau reserve 3,33 miliar ton.

Related posts