November 25, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

SMGR akan terbitkan obliges senilai Rp5 triliun untuk akuisisi pabrik baru

Britama.com – Semen Indonesia Tbk (SMGR) berencana menerbitkan obligasi pada paruh pertama 2017 untuk mendanai akuisisi beberapa pabrik semen yang berlokasi di dalam negeri dan di luar negeri.

Penerbitan obligasi tersebut diestimasi tidak akan melampaui Rp5 triliun.

Perlu diketahui, ekspansi anorganik Semen Indonesia dengan mengakuisisi pabrik semen lain bukan yang pertama. Pada 2012, Semen Indonesia mencaplok 70% saham Thang Long Cement Joint Stock Company (TLCC) Vietnam senilai Rp1,5 triliun.

Auisisi pabrik semen baru akan menjadi motor pertumbuhan penjualan, baik penjualan domestik maupun mancanegara. Perseroan menargetkan pabrik semen yang akan diakuisisi berlokasi di Myanmar. Sebelumnya sejak 2013 lalu Semen Indonesia telah menjajaki ekspansi ke Myanmar dengan menyiapkan dana hingga USD200 juta.

Sementara itu, hingga akhir tahun ini Semen Indonesia membidik penjualan ekspor sebanyak 1 juta ton, melonjak posisi tahun lalu sebanyak 300.000 ton. Beberapa negara tujuan ekspor Semen Indonesia antara lain Vietnam, Filipina, dan Timor Leste.

Secara umum, Semen Indoensia menargetkan penjualan tahun ini sebesar 4%. Manajemen Perseroan optimis, pertumbuhan penjualan bisa dicapai karena tren penjualan di semester ekdua mulai meningkat. Adapun, sepanjang paruh pertama tahun ini, volme penjualan hanya tumbuh 1,2% menjadi 12,37 juta ton.

Related posts