November 30, 2021

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

ANTM mulai salurkan listrik ke Jaringan PLN

Britama.com – PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) telah menyalurkan listrik perdana dari PLTU batubara ke jaringan PT PLN (Persero) Rayon Kolaka, Sulawesi Tenggara, pada 27 Oktober 2016.

Sinergi ANTM dan PLN ini selain bertujuan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat Kolaka, juga turut mendukung program pemerintah dalam meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia.

Sinergi tersebut dimulai pada 21 Oktober 2016 melalui penandatanganan perjanjian kerjasama tentang pembelian kelebihan tenaga listrik dari PLTU Pomalaa, Kolaka. Di dalam perjanjian tersebut, PLTU batubara Pomalaa akan dioperasikan secara interkoneksi dengan sistem PLN di mana alokasi listrik maksimum 5 megawatt kepada PLN.

Selain menjadi bagian dari komitmen ANTM kepada pemerintah daerah Kabupaten Kolaka, sinergi antar ANTM dan PLN tersebut turut berpartisipasi dalam program pemerintah.

Dengan mulai beroperasinya PLTU batubara berkapasitas 2×30 MW ini, ia meyakini meningkatkan kemampuan pabrik feronikel ANTM di Pomalaa, yang sebelumnya telah memiliki pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) dengan kapasitas 8×17 MW.

Pada periode Januari-September 2016, produsen emas dalam negeri membukukan kinerja positif dengan mengantongi laba bersih sebesar Rp38,27 miliar, dari rugi bersih Rp1,03 triliun periode yang sama 2015. Raihan ini ditopang oleh keberhasilkan ANTM meraup laba selisih kurs sekitar Rp260,57 miliar, dari rugi selisih kurs sebesar Rp534,62 miliar.

Namun, penjualan ANTM melemah sekitar 28,73% menjadi Rp6,44 triliun sejak awal tahun hingga akhir September, dari Rp9,04 triliun pada periode yang sama 2015.

Related posts