Desember 05, 2021

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Tol Becakayu yang dikelola anak usaha WSKT akan selesai tahun 2017

Britama.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Tol Becakayu) akan selesai pada tahun 2017.

Beliau menyebutkan proyek jalan tol itu telah mangkrak sekitar 22 tahun (1996/1997), kemudian dilanjutkan lagi mulai Januari 2015. Setelah selesai ruas tol ini akan membantu mengatasi kemacetan dari Bekasi arah Jakarta yang sudah cukup parah, dan Tol Becakayu ini akan diintegrasikan dengan tol lain melalui Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Sebagai catatan, Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) adalah jalan tol berkonstruksi layang yang dibangun di atas sungai Kalimalang di kota Jakarta Timur dan Bekasi untuk mengurai kemacetan di sekitar Kalimalang.

Jalan tol ini dimulai pembangunannya pada tahun 1996 oleh PT Kresna Kusuma Dyandra Marga, namun terhenti dua tahun kemudian akibat krisis moneter yang melanda. Jalan tol Becakayu menelan biaya investasi Rp7,2 triliun, biaya konstruksi Rp4,785 triliun, biaya pembebasan tanah Rp449 miliar, dan masa konsesi 45 tahun (sejak SPMK).

Saat ini, Investor dan pengelola Tol Becakayu adalah PT Waskita Toll Road, anak usaha dari PT Waskita Karya Tbk (WSKT) yang memegang 60 persen saham PT Kresna Kusuma Dyandra Marga.

Related posts