Desember 04, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

ASII akan cari dana pinjaman sebesar Rp2,7 triliun

Britama.com – Astra International Tbk (ASII) berencana mencari pinjaman USD200 juta. Jumlah tersebut setara Rp2,7 triliun. Setidaknya ada delapan bank yang akan mengucurkan pinjaman sindikasi bertenor lima tahun tersebut kepada ASII. Di antaranya ada ANZ, Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ, Citi, HSBC dan Mizuho.

Selain itu, ada juga Oversea-Chinese Banking Corp, Sumitomo Mitsui banking Corp dan United Overseas Bank. Namun, lanjut sumber tersebut, pengajuan USD200 juta itu baru tahap awal.

Tiga bank asal Jepang yang juga menjadi anggota sindikasi tengah mempertimbangkan komitmen pinjaman lebih besar.

Kelak, ASII akan memakai pinjaman ini untuk operasional. Sebagian lagi untuk keperluan refinancing. Berdasarkan laporan keuangan ASII per September 2016, utang bersih di luar anak usaha jasa keuangan, tercatat Rp 36,4 triliun.

Jumlah ini turun 16% dibandingkan dengan akhir Desember 2015 yang senilai Rp 43,55 triliun. Gearing ratio pun turun jadi 28% dari sebelumnya 34%. Selain karena menyusutnya utang bersih, rasio ini turun seiring naiknya ekuitas ASII jadi Rp 131,8 triliun dari sebelumnya Rp 126,53 triliun.

Terakhir kali ASII mencari pinjaman pada 2014. Kala itu, ASII meraih revolving loan USD300 juta dengan tenor tiga tahun. Pinjaman tersebut untuk keperluan umum dan refinancing.

Related posts