Oktober 31, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

MDRN akan lego beberapa aset yang tidak produktif lagi

Britama.com – Modern Internasional Tbk (MDRN) berencana menjual sejumlah aset yang tidak produktif untuk membayar utang perbankan. Penjualan aset juga dilakukan dalam rangka restrukturisasi usaha menyusul kinerja yang tengah tertekan.

Sebagian aset perseroan dalam bentuk tanah dan bangunan akan menjadi tidak produktif karena perseroan sudah melepas hak distribusi merk Fuji Film kepada perusahaan afiliasi Fuji Film di Indonesia, yaitu PT Fujifilm Indonesia pada Agustus 2015.

MDRN merupakan pemegang hak distribusi Fuji Film sejak 1971.

Seiring tren digitalisasi pada produk fotografi, MDRN memulai bisnis baru dengan menjadi pemegang merk convenience store 7 Eleven pada tahun 2009.

Perseroan akan terus mengurangi biaya dan fokus menutup outlet yang underperform. MDRN juga sudah melakukan negosiasi pinjaman dengan perbankan, dalam rangka restrukturisasi pinjaman.

Sementara itu, MDRN yang sebagai pemegang merk convenience store 7 Eleven, menyatakan akan segera memenuhi kewajiban pembayaran pajak daerah. Ke depan perseroan juga akan lebih efisien dalam membuka gerai baru dengan menggunakan asetaset yang sudah ada. Per September 2016 jumlah gerai 7 Eleven mencapai 175 gerai.

Perseroan sudah menutup 25 gerai karena mencatat kinerja yang tidak memuaskan.

Hal ini terutama disebabkan oleh penurunan daya beli masyarakat dan larangan penjualan alkohol yang berlaku sejak April 2015.

Penutupan gerai di sisi lain juga membuat beban operasional meningkat 17,3% menjadi Rp397,3 miliar.

Akibatnya per September 2016 MDRN mencatat rugi operasi Rp81,9 miliar dan total rugi komprehensif Rp115,5 miliar.

Related posts