November 29, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

BIPI siap kuasai 100% Saham Mitratama

Britama.com – Benakat Integra Tbk (BIPI) kembali menyampaikan komitmennya terkait rencana akuisisi 30% saham PT Mitratama Perkasa dari Sumber Energi Andalan Tbk (ITMA) senilai USD120 juta. Bila tidak halangan, perseroan menargetkan akan merampungkan sebelum akhir tahun ini.

Saat ini BIPI telah menguasai 70% saham Mitratama melalui anak usahanya PT Nusantara Pratama Indah. Jika akuisisi tersebut terealisasi, maka BIPI akan memiliki 100% Mitratama Perkasa. Perseroan menargetkan penyelesaian rencana akuisisi tersebut adalah sebelum akhir tahun 2017.

Sebelumnya diketahui, BIPI berencana membeli saham tersebut melalui Long Haul Holdings Ltd. Namun pada Desember 2016, ITMA dan Long Haul yang menjadi perantara transaksi tersebut membatalkan kesepakatan. Pembatalan perjanjian ITMA dan Long Haul ternyata tidak mengurungkan niat BIPI untuk tetap mengakuisisi saham Mitratama.

Selain itu, PT Benakat Integra Tbk juga tengah menjajaki untuk masuk dalam sektor usaha pembangkit tenaga listrik, termasuk mencari mitra strategis untuk menggarap proyek tersebut.

Sebagai catatan, belum lama ini perseroan menyampaikan target menyelesaikan restrukturisasi utang senilai USD400 juta, atau lebih rendah dari target semula USD500 juta. Aksi ini merupakan upaya perseroan menurunkan beban bunga guna memperbaiki kinerja tahun 2016. Utang yang akan direstrukturisasi itu adalah pinjaman jangka panjang anak usaha perseroan, Nixon Investments Pte Ltd kepada Credit Suisse AG Singapura senilai USD300 juta.

Utang ini terdiri atas tiga bagian, yakni sebesar USD107,67 juta, USD83,81 juta, dan USD108,52 juta. Pinjaman akan jatuh tempo pada tahun 2017. Beban bunga utang tersebut mencapai 12% per tahun. Selanjutnya utang anak usaha PT Nusa Tambang Pratama (NTP) sekitar USD100 juta.

Related posts