Desember 04, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Manajemen DEWA menginginkan produksi batubara tahun ini sebesar 29,1 juta ton

Britama.com – Darma Henwa Tbk (DEWA) menargetkan produksi batubara naik 92,8% setelah perusahaan mengantongi perjanjian jasa pertambangan dengan PT Asmin Koalindo Tuhup dengan perkiraan nilai kontrak sebesar USD57 juta.

Berdasarkan perjanjian jasa manajemen teknis antara kedua perusahaan yang ditandatangani pada 26 Oktober 2016, perseroan telah ditunjuk untuk melaksanakan jasa manajemen perencanaan teknis dan pengawasan terhadap kegiatan operasional tambang di wilayah Puruk Cahu, Kalimantan Tengah.

Melalui keterbukaan informasi pada Rabu (18/1/2017), Perseroan telah diberikan sejumlah kewenangan untuk melaksanakan manajemen perencanaan teknis dan pengawasan tersebut, antara lain penambangan umum, pengolahan, pengangkutan produk dan manajemen produksi tambang.

Rencananya akan berproduksi sekitar 3 juta ton batu bara per tahunnya yang menghasilkan high cooking coal.

Hanya saja, pelaksanaan perjanjian tersebut belum berlaku efektif karena masih membutuhkan persetujuan atas perjanjian pengelolaan dana yang hingga kini masih dalam proses pembahasan kedua belah pihak.

Dari keterangan DEWA, proyek ini diperkirakan memiliki kontrak sebesar USD57 juta dan diharapkan bisa menambah pendapatan perseroan sebesar USD1,3 juta per tahun dari tahun ini hingga 2021.

Sebagai informasi tambahan, PT Asmin Koalindo Tuhup (AKT) merupakan anak usaha dari PT Borneo Lumbung Energi & Metal Tbk (BORN), pemilik konsesi di lahan seluas 21.630 hektare berdasarkan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B). Tambang Tuhup dibagi menjadi dua blok utama yang disebut Kohong dan Telakon.

Adapun, pada tahun ini DEWA menargetkan produksi batu bara sebesar 29,1 juta ton atau meningkat 92,8% dari proyeksi tahun lalu yang hanya 15,1 juta. Sementara, lapisan tanah penutup atau overburden pada tahun ini diproyeksikan mencapai 222 juta bank cubic meter (Bcm) atau melonjak 153% dari estimasi tahun lalu yang hanya 87,9 juta Bcm.

Related posts