Januari 21, 2021

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

MEDC melalui anak usaha memperpanjang kontrak pasokan gas ke KOPI

Britama.com – Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) meningkatkan pasokan gas ke anak usaha PT Mitra Energi Persada Tbk (KOPI). Selain itu, kedua perusahaan juga menambah durasi kontrak jual beli gas.

Berdasarkan keterbukaan informasi yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan anak usaha MEDC, PT Medco E&P Indonesia akan menambah alokasi dan pemanfaatan gas yang semula 3,7 miliar brithish thermal unit per hari (BBTUD) menjadi 5 miliar BBTUD ke anak usaha KOPI, PT Mitra Energi Buana.

Selain itu, kedua pihak juga menambah jangka waktu perjanjian jual beli gas (PJBG) yang semula 5 tahun menjadi 10 tahun. Nilai kontrak dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama para pihak sebagaimana diatur dalam PJBG.

Adapun, KOPI menguasai 99,5% saham PT Mitra Energi Buana (MEB). MEB melakukan perdagangan gas di daerah Sumatera Selatan dengan ijin dedicated hilir melalui penjualan gas dan pembangunan jaringan pipa sampai titik serah di lokasi konsumen.

Pada Amandemen sebelumnya tanggal 1 Desember 2012 sebelumnya memuat beberapa poin perubahan yang penting, diantaranya Jumlah Penyerahan Harian (JPH) yang semula hanya 2,5 BBTUD, meningkat menjadi 3,7 BBTUD. Selain itu juga ada penambahan TJK yang sebelumnya hanya 6,1 TBTU menjadi 12,6 TBTU.

Perubahan lainnya, penyesuaian harga gas pada 2012 adalah sebesar USD3,41 per juta metric british thermal unit (MMBTU) menjadi USD6,04 per MMBTU pada 2012, dengan faktor eskalasi sebesar 3% per tahun.

Related posts