September 23, 2017

Select your Top Menu from wp menus

TRAM mempelajari putusan abitrase untuk biaya jasa Svitzer senilai USD17,04 juta

Britama.com – Dalam hal klaim asuransi FSO Lentera Bangsa, Trada Maritime Tbk (TRAM) saat ini menghadapi arbitrase dari perusahaan Salvage, Svitzer Salvage B.V atas biaya jasa Svitzer dalam menyelamatkan kapal berserta kargo dan peralatan di atas kapal dengan total klaim sebesar USD17,04 juta.

Perseroan saat ini masih mempelajari hasil putusan dan penetapan arbitrase tersebut. Perseroan yakin tidak ada alasan hukum bagi perseroan untuk membayar klaim Svitzer, karena klaim tersebut sudah dijamin dan dibayarkan oleh pihak asuransi dan pemilik kargo.

Sebelumnya, TRAM tengah memproses restrukturisasi tiga utang senilai total USD53,24 juta dan klaim asuransi yang diharapkan selesai dalam waktu dekat.

TRAM itu telah mencapai kesepakatan dengan International Finance Corporation (IFC) dan Bank of Tokyo – Mitsubishi UFJ (BTMU) atas utang senilai USD34,98 juta. Bentuk kesepakatan adalah penjualan aset (asset settlement) kapal FSO Lentera Bangsa, penerimaan hasil klaim asuransi Lentera Bangsa dan cash settlement. Finalisasi penyelesaian utang diharapkan selesai pada kuartal I 2017.

Perseroan juga telah mencapai kesepakatan dengan Bank Mandiri Tbk (BMRI) Singapore terkait utang perseroan senilai USD10 juta. Penyelesaian utang termasuk perpanjangan atas fasilitas kredit, penjualan aset kapal MV Samudera Bangsa dan cash settlement.

Saat ini TRAM tengah berkomunikasi intensif dengan ICBC untuk menyelesaikan utang perseroan senilai USD8,26 juta.

Perseroan mengharapkan dalam waktu dekat dapat mencapai dan menandatangani kesepakatan seluruh utang perseroan di ICBC.

Related posts