November 25, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Penawaran Umum Perdana (IPO) Saham PT Bintraco Dharma Tbk (CARS)

britama.com, Penawaran Umum Perdana (IPO / Initial Public Offering) Saham PT Bintraco Dharma Tbk / CARSdilakukan oleh PT Ciptadana Sekuritas Asia (KI) dan PT CIMB Sekuritas Indonesia (YU) selaku Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

Adapun Jadwal Penawaran Umum Perdana Saham sebagai berikut:

Kegiatan
Tanggal
Tanggal Efektif
30 Mar 2017
Masa Penawaran
31 Mar – 4 Apr 2017
Tanggal Penjatahan
06 Apr 2017
Tanggal Distribusi Saham secara Elektronik
07 Apr 2017
Tanggal Pengembalian Uang Pemesanan
07 Apr 2017
Tanggal Pencatatan Saham pada BEI
10 Apr 2017

Jumlah Saham yang ditawarkan dalam IPO ini adalah sebanyak 150.000.000 lembar saham baru dengan Nilai Nominal Rp100,- dan Harga Penawaran Rp1.750,- per saham.

Rencana penggunaan dana yang diperoleh dari Penawaran Umum Perdana Saham ini, setelah dikurangi biaya-biaya terkait emisi saham akan digunakan seluruhnya untuk: 1.) Sekitar 33% untuk belanja modal Perseroan baik langsung maupun tidak langsung melalui PT New Ratna Motor (NRM) terkait dengan pengembangan usaha, antara lain untuk pembangunan diler baru berikut fasilitasnya untuk memperluas jaringan Toyota dalam kurun waktu 2017 – 2019; 2.) Sekitar 33% dalam kurun waktu 2017 – 2019 untuk melakukan investasi yang berkaitan dengan kesempatan akuisisi guna perluasan dan pengembangan kegiatan usaha meliputi akuisisi diler, akuisisi saham atas perusahaan yang memiliki fasilitas diler, maupun mendirikan perusahaan baru dalam rangka memperkuat jaringan kerja untuk kegiatan usaha otomotif dan memberikan manfaat yang mendukung kegiatan usaha Perseroan; dan 3.) Sisanya untuk modal kerja Perseroan baik langsung maupun tidak langsung melalui PT New Ratna Motor dan/atau PT Andalan Finance Indonesia (AFI), antara lain biaya operasional seperti pembelian persediaan mobil dan suku cadang, modal kerja pembiayaan konsumen, serta biaya lainnya.

PT Bintraco Dharma didirikan pada tanggal 01 Juni 1969 dengan nama PT Industri dan Perdagangan Bintraco Dharma atau disingkat PT Bintraco Dharma dan mulai beroperasi secara komersial pada tahun 1969. Kantor operasional PT Bintraco Dharma berlokasi di Sunburst CBD Lot II No. 3 BSD City, Tangerang Selatan 15321 – Indonesia.

Ruang lingkup kegiatan usaha PT Bintraco Dharma adalah bergerak di bidang perdagangan, properti dan jasa. Saat ini kegiatan usaha utama PT Bintraco Dharma dan Entitas Anak (Grup) meliputi bidang Otomotif (memasarkan produk Toyota untuk wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta melalui jaringan Nasmoco Group. Saat ini terdapat 22 jaringan diler Nasmoco dengan layanan penjualan unit kendaraan, layanan purna jual yaitu jasa bengkel (service) dan penyediaan suku cadang (spare part) yang tersebar di hampir seluruh kota-kota besar di wilayah Jawa Tengah dan DI Yogyakarta); dan bidang Pembiayaan (memberikan jasa pembiayaan kendaraan bermotor, baik untuk konsumen korporasi maupun individual. Pembiayaan PT Bintraco Dharma mulai dioperasikan secara komersial pada tahun 2004. Saat ini grup pembiayaan Perseroan telah memiliki 37 kantor cabang jasa pembiayaan yang tersebar di wilayah Indonesia).

Sebelum Penawaran Umum Perdana, saham PT Bintraco Dharma dimiliki oleh PT Ahabe Niaga Selaras (90,00%) dan PT Superior Coach (10,00%). Induk usaha PT Bintraco Dharma adalah PT Ahabe Niaga Selaras, sedangkan induk usaha terakhir Perusahaan adalah PT Ahabe Adhi Citra.

Related posts