November 25, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

WIKA siapkan belanja modal Rp12 triliun

Britama.com – Wijaya Karya Tbk (WIKA) berencana investasi senilai Rp3,6 triliun untuk membiayai pengembangan kawasan industri. Anggaran ini setara dengan 30% dari total belanja modal perseroan dengan total Rp12 triliun tahun ini. Perseroan ingin memfokuskan kawasan industri tahun ini.

Pengembangan kawasan akan difokuskan di 4 wilayah, yakni Banten (200 ha), Jawa Timur (200-300 ha), Bitung (300-400 ha), dan Makassar (80 ha). Dari empat wilayah tersebut, pengembangan kawasan industri di Makassar akan dikembangkan lebih awal didukung kesiapan lahan. WIKA berencana untuk mengembangkan lahan seluas 780 ha.

Selain kawasan industri, perseroan akan memfokuskan bisnis pengembangan infrastruktur pada 2017 seperti sektor energi, jalan tol, pelabuhan, air, maupun pembangkit listrik.

Selanjutnya, WIKA akan melakukan negosiasi dengan China Development Bank (CDB) agar dapat mencairkan pinjaman untuk pembiayaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Saat ini, pembebasan lahan proyek kereta api cepat tersebut baru mencapai 85%. Dana pinjaman dapat dicairkan apabila pengadaan lahan telah selesai 100%.

Struktur pembiayaan proyek sepanjang 142 km tersebut terdiri atas 75% pinjaman luar negeri, yakni CDB atau sekitar Rp53 triliun, sisanya 25% dari modal PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Related posts