Agustus 23, 2019

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Pefindo terus memantau kasus anak usaha AISA

Britama.com – PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah melakukan special review terhadap Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk (AISA) terkait kasus dugaan kecurangan anak usahanya PT Indo Beras Utama (IBU) dalam menjalankan bisnis beras kemasan.

Review khusus terhadap AISA akan fokus pada kajian terhadap bisnis dan keuangan perusahaan. Review khusus didasarkan pada data dan tanggapan tertulis dari perseroan dan pihak-pihak terkait kasus tersebut. Kasus tersebut masih dalam tahap investigasi awal.

Untuk itu Pefindo akan terus mengikuti perkembangan kasus untuk mengambil keputusan terkait peringkat perusahaan dan surat utang AISA yang saat ini ditetapkan pada level idA dengan outlook stabil. Karena mungkin ada risiko terhadap reputasi yang berujung pada melambatnya penjualan perusahaan, sehingga ada risiko arus kas tertekan.

Pefindo menilai saat ini rasio utang terhadap EBITDA Tiga Pilar Sejahtera Food berada pada level agresif untuk sektor makanan, yaitu mencapai 4 kali. Rasio itu lebih mencerminkan kemampuan arus kas dibandingkan dengan debt to equity (DER) 1,1 kali yang masih pada level konservatif.

Related posts