Oktober 19, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

Butuh Dana untuk akuisisi, SDPC akan right issue

Britama.com – Millenium Pharmacon International Tbk (SDPC) ingin mendongkrak kontribusi penjualan obat generik. Salah satu caranya adalah, dengan mengakuisisi perusahaan obat generik.

Demi ekspansi itu, SDPC mencari dana segar dari penerbitan saham baru melalui hak memesan efek terlebih dulu (HMETD) sebanyak 590,9 juta saham. Pada saat ini, emiten farmasi ini belum menentukan harga rights issue.

Rencana SDPC itu sudah memperoleh persetujuan rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) kemarin. Nantinya, dana dari rights issue digunakan untuk mengakuisisi 15% saham PT Errita Pharma, produsen obat generik yang beroperasi di Bandung. Sedangkan sisanya akan dipakai untuk keperluan belanja modal.

Melalui akuisisi itu, SDPC berharap bisa meningkatkan penjualan obat generik. Hingga saat ini obat generik baru berkontribusi 5% terhadap pendapatan SDPC.

Selain akuisisi, SDPC juga melakukan diversifikasi dengan menambah produk alat kesehatan dan over the counter (OTC). Hingga Juni 2017, SDPC meraup penjualan Rp1,01 triliun atau naik 1,17% dibandingkan dengan periode sama di 2016 lalu. Kontribusi terbesar tetap datang dari penjualan obat resep.

Di sisi lain, penjualan alat kesehatan sudah mulai meningkat, dari Rp 105,56 miliar di semester satu tahun lalu menjadi Rp 149,69 miliar pada paruh pertama tahun ini. Penjualan alat kesehatan menyumbang 18% terhadap total penjualan SDPC. Lalu, produk OTC berkontribusi 12% atas total penjualan Perseroan.

Related posts