Desember 01, 2020

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

ELTY akan gandeng investor dari China untuk garap proyek property di Jakarta dan Surabaya

Britama.com – PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) berencana menggarap proyek perumahan besar atau township dan city property di kawasan Jakarta dan Surabaya. Untuk menggarap proyek tersebut perusahaan menggandeng kontraktor asing yakni China Construction First Group Corp Ltd (CCFG).

Kerjasama tersebut dituangkan dalam penandatanganan MoU yang dilakukan hari ini di Rasuna Epicentrum, Jakarta, Jumat (19/1/2017).

CCFG yang merupakan anak usaha dari China Civil Constraction Grup yang merupakan perusahaan konstruksi terbesar di China. CCFG nomor 1 di China. Operasinya di 52 negara termasuk Indonesia. Mereka sedang bangun tol Kualanamu.

Dalam perjanjian kerjasama tersebut, disepakati batas maksimal pembiayaan untuk konstruksi (ceiling) dari kedua proyek tersebut mencapai USD1 miliar atau sekitar Rp13,5 triliun. Angka tersebut merupakan perkiraan kebutuhan dana untuk konstruksi. Sebab proyek tersebut dibangun di atas lahan milik ELTY.

Untuk proyek township akan dibangun perumahan di dua lokasi di Surabaya. Lokasi pertama luas lahannya mencapai 300 hektare (ha) yang pembebasan lahannya sudah sekitar 50%, lokasi kedua luasnya mencapai 200 ha yang sudah seluruhnya dibebaskan.

Sementara untuk pembangunan city property dibangun di Jakarta dengan luas 10 ha. Nantinya di area yang masih dirahasiakan itu akan dibangun apartemen, hotel, mall dan perkantoran. Proyek tersebut merupakan proyek jangka panjang, bukan 1 atau dua tahun. Tapi Perseroan harap tahun depan sudah mulai konstruksi.

Untuk dananya sendiri akan didatangkan dalam bentuk pinjaman perbankan dari China. Namun kedua belah pihak masih berdiskusi mengenai wadah yang akan menerima pinjaman tersebut.

Ada dua opsi yang menjadi pilihan, pertama perseroan akan membentuk perusahaan patungan dengan kontraktor tersebut. Kedua pinjaman tersebut akan dilakukan oleh CCFG secara langsung sebagai kontraktor.

Related posts