Januari 22, 2021

Select your Top Menu from wp menus
papumashop

PGAS siap pasokan gas ke pembangkit listrik

Britama.com – Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) menyatakan siap memenuhi peningkatan kebutuhan pasokan gas untuk pembangkit listrik di tengah meningkatnya harga batu bara. Harga batu bara terus meningkat dalam beberapa bulan terakhir seiring dengan tingginya permintaan dari negara-negara Asia seperti China, India, dan Vietnam.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sudah menetapkan kenaikan Harga Batu bara Acuan (HBA) untuk bulan Maret 2018 melalui Keputusan Menteri ESDM No. 1320 K/32/MEM/2018 sebesar USD101,86 per ton atau mengalami kenaikan 1,16% dibanding HBA Februari sebesar USD100,69 per ton.

Kenaikan harga batu bara ini akan membuka peluang perusahaan pembangkitan listrik untuk beralih menggunakan bahan bakar gas bumi.

PGN saat ini terus meningkatkan kerja sama dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam hal penyediaan kebutuhan pasokan gas untuk pembangkit listrik yang dioperasikan anak usaha PLN, seperti Indonesia Power (IP) atau PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB).

Saat ini PGN sudah memasok gas untuk kebutuhan bahan bakar pembangkitan listrik di beberapa pembangkit seperti Unit Pembangkitan dan Jasa Pembangkitan (UPJP) Tanjung Priok milik Indonesia Power dan Unit Pembangkitan Muara Karang milik PJB.

Related posts