Oktober 22, 2018

Select your Top Menu from wp menus

MRAT terus fokus SKU yang memberikan kontribusi besar

Britama.com – Mustika Ratu Tbk (MRAT) menyiapkan sejumlah strategi di tahun 2018, diantaranya fokus pada stock keeping unit (SKU) yang menopang pendapatan. Perseroan membagi ke dalam dua jenis SKU yang akan difokuskan. Saat ini jumlah SKU perseroan mencapai 1.781 produk.

Pertama adalah 10 SKU yang menjadi penopang penjualan yang menyumbang sebesar 45% dari total penjualan perseroan. Kedua adalah memaksimalkan distribusi SKU dengan peringkat 11-200 yang berkontribusi sebesar 52% dari total penjualan. Perseroan akan memfokuskan distribusi di minimarket, tidak lagi hypermarket karena minimarket lebih strategis dan lebih dekat dengan konsumen.

Strategi kedua adalah dengan memperluas pasar ekspor. Selain dalam negeri, perseroan berencana mulai masuk ke dua negara tetangga yakni Brunei Darusalam dan Singapura dari saat ini MRAT hanya memasarkan produknya di Malaysia.

Kontribusi penjualan di pasar ekspor masih cukup kecil yakni senilai Rp 12 miliar pada tahun 2017, dan ditargetkan meningkat menjadi Rp30 miliar hingga akhir tahun. Per Mei 2018 pencapaian pasar ekspor senilai Rp5 miliar. Perseroan akan membuka jaringan distribusi baru di Brunei dan Singapura, yang saat ini semuanya hanya trading company.

Related posts