September 24, 2018

Select your Top Menu from wp menus

INDF melalui CMAA akuisisi Vale Do Pontal Acucar e Alcool Ltda (UVP)

Britama.com – Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) melalui anak usahanya IndoAgri mengumumkan Companhia Mineira de Acucar e Alcool Parcitipacoes (CMAA) yang merupakan perusahaan patungan antara perseroan dan JF Family (50:50) telah menandatangani perjanjian dengan JFLIM Participacoes.

JFLIM mengalihkan seluruh kepemilikannya di Vale do Pontal Acucar e Alcool Ltda (UVP) anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh JFLIM kepada CMAA. JFLIM adalah perusahaan patungan JF Family dengan Rio Grande Investment yang merupakan bagian dari Grup Salim (50:50).

Sebagai pembayaran atas pengalihan saham UVP tersebut, CMAA akan menerbitkan saham baru kepada JFLIM berdasarkan nilai valuasi yang telah disepakati sekitar USD19,7 juta atau 75,9 juta lira Brazil.

Setelah penerbitan saham baru tersebut, CMAA akan dimiliki oleh IndoAgri dan JF Family dengan kepemilikan masing-masing sebesar 35% dan sisanya sebesar 30% dimiliki JFLIM. Dengan demikian kepemilikan efektif JF Family di CMAA sekitar 50% baik langsung maupun tak langsung sedangkan kepemilikan saham efektif Rio Grande di CMAA sekitar 15%.

UVP merupakan perusahaan yang bergerak di bidang budi daya dan pengolahan tebu serta produksi dan pemasaran etanol maupun gula. Saat ini UVP mengoperasikan 1 pabrik di Minas Gerais dengan kapasitas penggilingan tebu 2,5 juta metrik ton per tahun.

Melalui akuisisi ini, CMAA dapat memperkuat posisinya di industri gula dan etanol Brazil melalui peningkatan kapasitas peggilingan tebu dari 5,8 juta MT/tahun menjadi 8,3 juta MT tahun setelah akuisisi.

Related posts