November 21, 2018

Select your Top Menu from wp menus

PGAS akan akuisisi 4 anak usaha Pertagas senilai Rp16,6 triliun

Britama.com – Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) menimbang untuk akusisi setidaknya empat anak usaha Pertamina gas (Pertagas) yang lingkup usahanya masih berhubungan dengan gas.

Namun, hal tersebut masih menunggu keputusan Pertamina dan Kementerian ESDM. Namun, PGAS belum merinci berapa biaya dibutuhkan untuk akuisisi empat anak usaha Pertagas tersebut. Tetapi, pertimbangan kontribusi dari empat anak usaha tersebut untuk mendukung perseroan.

Sementara itu, empat anak usaha Pertagas yang diperkirakan akan masuk yakni PT Perta-Samtan Gas, PT Perta Arun Gas, PT Perta Daya Gas, serta PT Pertagas Kalimantan Gas. Sebelumnya, proses pengambilalihan saham Pertagas yang dimiliki Pertamina dilakukan dengan penandatanganan Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement /CSPA).

Nilai transaksi yakni Rp16,6 triliun untuk 2,59 juta lembar saham. Dalam transaksi itu, PT Perta Arun Gas, PT Perta Daya Gas, PT Perta Samtan Gas, dan PT Perta Kalimantan Gas sudah dikeluarkan dari buku Pertagas, sehingga hanya terdapat PT Pertagas Niaga sebagai anak usaha di dalam buku Pertagas.

Nantinya, jika rencana tersebut dilakukan, maka prosesnya akan terpisah dengan valuasi tahap satu, sebagai bagian akuisisi Pertagas. Aksi tersebut akan termasuk dalam valuasi tahap kedua.

Related posts