April 23, 2019

Select your Top Menu from wp menus

KOBX incar pendapatan tumbuh hingga 10%

Britama.com – Kobexindo Tractors Tbk (KOBX) mengincar pendapatan tumbuh 10% pada tahun 2019 ini atau sekitar USD111,65 juta. Pada 2018 lalu, KOBX membukukan penjualan sebesar USD101,50 juta dengan laba bersih sebesar USD2,96 juta.

Segmen alat berat berkontribusi 77,55% terhadap penjualan bersih, segmen suku cadang sebesar 14,21%, jasa pemeliharaan perbaikan memberikan kontribusi sebesar 4,26%, serta lain-lain sebesar 3,99%.

KOBX akan memperbesar penjualan segmen alat berat untuk bisnis nontambang dari kontribusi semula 10% menjadi 40% terhadap penjualan alat berat. Perseroan telah menandatangani perjanjian kerja sama dengan Foton Truck, China.

Dengan kerja sama itu, KOBX menjadi distributor Foton Truck di Indonesia untuk menggarap segmen pasar on-road trucks di Indonesia. Hal ini merupakan strategi diversifikasi bisnis perseroan yang menggarap penjualan unit alat berat non tambang.

Perseroan akan memenuhi permintaan on-road trucks yang meningkat seiring dengan prioritas pemerintah dalam pembangunan infrastruktur, khususnya jalan tol. Sebagai tahap awal, KOBX akan memasarkan truk CBU untuk segmen pasar logistik dan konstruksi.

Pasar Pulau Jawa dan Sumatra menjadi prioritas penjualan seiring dengan pembangunan infratsruktur dan jalan tol. Saat ini kontribusi penjualan alat berat untuk nontambang sebesar 10% terhadap penjualan segmen alat berat, sementara 90% lainnya berasal dari penjualan alat berat pertambangan. Perseroan mengincar penjualan sekitar 500 unit – 1.000 unit truck dalam beberapa tahun ke depan.

Related posts