Mei 23, 2019

Select your Top Menu from wp menus

KRAS jajaki restrukturisasi utang senilai USD2 miliar

Britama.com – Krakatau Steel Tbk (KRAS) untuk mengatasi utang perseraan yang jumlah totalnya sekitar USD2 miliar, perseroan akan menjajaki restrukturisasi sebagian dari utang tersebut.

Saat ini utang jangka pendek yang dimiliki KRAS lebih besar dibandingkan utang jangka panjang. Utang jangka pendek KRAS senilai USD1,59 miliar, naik 17,38% dibandingkan 2017 senilai USD1,36 miliar.

Sementara utang jangka panjang KRAS sebesar USD899,43 juta. Dikatakan bahwa KRAS sudah memiliki beberapa cara untuk mengatasi keuangan yang rugi antara lain divestasi kepemilikan saham di anak usaha baik penjualan saham secara langsung maupun dengan skema lainnya.

Opsi lainnya adalah menerbitkan convertible bonds yang memiliki hak opsi konversi. Bilamana terealisasikan maka KRAS akan melakukan rights issue sebagai upaya membeli kembali saham anak usaha yang telah didivestasikan.

Untuk rencana divestasi, KRAS masih mengkaji perusahaan yang cocok dan mampu memberikan nilai terbaik. Adapun, target nilainya sekitar USD1 miliar.

Pelaksanaan divestasi saham anak usaha juga dilakukan selama 3 tahun dimulai dari tahun 2019. Sehingga, pada 2023 baru akan terlaksana. Sementara untuk rencana covertible bonds yang akan diterbitkan sekitar USD1 miliar dengan tenor 5 tahun dan bisa diperpanjang sampai 10 tahun.

Related posts